Tukang Becak itu seorang Pahlawan

Sempat bingung juga mau kasih judul apa buat postingan kali ini. yang benar " Pahlawan itu tukang becak " atau " tukang becak itu pahlawan ".binun.
tp intinya gini neh, gue itu ga pernah memandang bulu klo berteman ( ya iyalah, emang temenan ma onyet, pake pandang bulu segala ). gue cukup pandang rambut aja kalo mau berteman. Dia punya rambut ( walau sedikit) dan kaki ga ngambang dari tanah,udah bisa temenan ma gue. termasuk abang-abang becak di depan kampus gue. karena gue kuliah di kota purwokerto.tau kan purwokerto? kota kelahiran mayang sari,ga tau dia nanem apa di depan rumahnya bambang sampe bambang bersedia meninggalkan ibu halimah. oceh balik lagi ke purwokerto. Di kota ini, kita masih bisa temuin becak. seperti di depan kampus gue, ada 3 abang becak yang suka mangkal. 2 orang udah bapak-bapak dan 1 orang masih muda ( tapi ga seumur ma gue juga ). mereka ini yang temenin gue ngobrol kalo gue lagi tunggu angkot, kalo lagi ga ada jadwal kuliah bareng cumi, jadi ga bisa nebeng.
selama hampir 3 tahun temenan ma mereka,gue juga ga tau nama2nya. mereka manggil gue " mbak " ( klo di bogor gue di panggil " eneng " kali ya) nah gue manggil mereka cuma dengan sebutan " pak becak " dan " mas becak ". salah satu pak becak yang paling tua kadang suka pake baju ala pahlawan. karena penasaran,gue tanya donk.dan mulailah dia bercerita,kalo dia memang pejuang.kalo lagi cerita tentang perjuangannya dulu,dia semangat banget,suaranya lantang,matanya menerawang kayak lagi bayangin gimana dia dulu jalan kaki dari magelang ke daerah purwokerto untuk berperang, dia juga sering mengepalkan tangannya dan mengangkatnya tinggi2 ke atas sambil teriak " MERDEKA, HANCURKAN MUSUH " ( Hehe, ga deng, ini mah gue aja yg berlebihan ).intinya apa yang dia ceritain ga pernah berubah setiap hari selama hampir 3 tahun. ituu... aja yang dia omongin.gue,abang becak dan tukang jualan lain yang kadang mangkal depan kampus sih udah ngerti dan dengerin aja dia cerita.walau kita semua sampe apal sama ceritanya.tapi ga tau kenapa gue ga pernah bosen denger cerita pak becak.karena gue selalu menunggu pesan berharga di akhir dari cerita dia.pesannya sih sama aja dari waktu ke waktu.tapi setiap sadar kalo yang ngomong itu adalah seorang pejuang,gue jadi tambah semangat buat kejar masa depan gue.dia ga ngerasa,tapi selain Ma Pa, pak becak juga sumber semangat gue. pesen dia adalah " mba belajar yg rajin,biar darah pejuang ga sia2.mba hrus bsa jd pahlawan tuk keluarga"
dalem

0 komentar:



Posting Komentar